Info Lowongan Kerja Terbaru di Indonesia

8 Tips Melamar Kerja Secara Online. Dijamin!

Kredit Gambar: www.federaljobs.net
0

Beragam cara dalam mencari informasi tentang lowongan pekerjaan, bisa dengan mendatangi event job fair, mencari di website perusahaan, atau jika ingin praktis langsung saja mendaftarkan diri di website portal lowongan kerja. Kami akan berbagi tips tentang bagaimana melamar kerja secara online. Simak yuk!

Kehadiran situs-situs penyedia informasi lowongan kerja, seperti JobPedia.co.id, dapat membantu para pelamar kerja mendapatkan informasi terbaru tentang lowongna kerja yang diimpikan dan sesuai dengan kriteria. Tak hanya menguntungkan bagi job seeker, tetapi juga memudahkan bagi perusahaan dalam mencari karyawan dengan membuka loker yang dibutuhkan.

Kehadiran website informasi lowongan kerja akan membuat pencarian kerja jauh lebih efisien karena hanya dengan satu website saja sudah ada ribuan rekomendasi pekerjaan yang berasal dari perusahaan berbeda. Tentunya, akan lebih menyulitkan jika harus browsing ke website perusahaan satu demi satu.

Keuntungan lainnya dengan kehadiran website penyedia informasi loker tersebut adalah tidak dibutuhkan banyak waktu untuk mengurus lamaran kerja. Hanya dengan mendaftarkan diri di situs lowongan kerja, melamar kerja hanya dalam hitungan menit. Anda pun bisa mengirimkan lamaran kerja ke berbagai perusahaan sehingga peluang untuk mendapatkan kerja lebih besar.

Sebelum Anda mulai mengirimkan lamaran kerja, simak terlebih dahulu 8 tips melamar kerja online ini yuk!

#1 Menentukan pekerjaan yang diinginkan

Ini langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum mencari kerja di situs loker. Ketahui terlebih dahulu apa sebenarnya pekerjaan yang diharapkan. Pada umumnya, setiap situs penyedia info loker tersebut mewajibkan Anda untuk menentukan preferensi kategori pekerjaan yang diinginkan. Hal ini agar mereka dapat memberikan rekomendasi tipe pekerjaan yang akan ditawarkan kepada pencari kerja.

Terdapat 2 hal penting yang perlu diperhatikan, yakni pertama melamar kerja ke pekerjaan yang memang relevan dan kedua sebaiknya tidak melamar kerja ke pekerjaan yang tidak diinginkan. Melamar kerja asal-asalan akan menghabiskan waktu dan energi. Anda bisa saja nanti menolak datang wawancara atau menolak pekerjaan itu jika diterima. Ini tentunya bisa menghambat karier Anda karena kurangnya penghargaan terhadap tawaran kerja dari perusahaan.

#2 Meningkatkan Kecermatan dan Ketelitian

Tips melamar kerja online berikutnya adalah selalu teliti dan cermat. Pilih situs-situs lowongan kerja yang memang terpercaya dan tidak berpotensi menipu. Banyaknya situs lowongan kerja online yang ada, membuka ruang bagi para penipu beraksi dalam melakukan penipuan kepada pencari kerja.

Lakukan penelitian terlebih dahulu dengan situs tersebut apakah memang bisa dipercaya atau tidak. Dengan mendaftarkan diri pada situs lowongan kerja yang abal-abal, selain menghabiskan waktu dan energi karena tidak mendapatkan pekerjaan, juga bisa menghabiskan uang.

Ketelitian juga diperlukan untuk setiap pekerjaan yang hendak Anda lamar. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pilih pekerjaan yang memang relevan untuk Anda. Lalu, bagaimana mengetahui relevan atau tidak pekerjaan tersebut? Sederhana saja. Perhatikan dengan baik kriteria / kualifikasi pekerjaan yang hendak dipilih dengan baik.

Bisa jadi, beberapa pekerjaan yang ditawarkan akan memiliki persyaratan tertentu / khusus seperti dari aspek pendidikan, usia, skill, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak memenuhi persyaratan tersebut, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk tetap apply pekerjaan itu. Hal ini akan membantu bagi perusahaan dalam mencari kandidat yang tepat sesuai kebutuhan.

Kecermatan juga dibutuhkan saat mengisi dengan lengkap informasi profil / diri Anda di website lowongan kerja tersebut. Dengan mengisi asal-asalan, bisa memperkecil peluang Anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Perusahaan-perusahaan yang memasang iklan lowongan kerja terkadang mensyaratkan hal tertentu, seperti mengirimkan resume / CV langsung via email yang tercantum. Informasi-informasi tambahan tersebut jangan sampai terlewatkan agar peluang mendapatkan pekerjaan lebih besar.

#3 Mempersiapkan Resume / CV sebaik-baiknya

Tips ketiga dalam melamar kerja secara online adalah mempersiapkan CV / Resume dengan sebaik-baiknya. CV / Resume merupakan salah satu aspek krusial dalam melamar kerja, terlebih jika melamar kerja online melalui situs lowongan kerja.

Resume atau CV merupakan langkah awal perusahaan menilai seorang kandidat apakah layak untuk diproses ke tahapan berikutnya atau tidak. Resume / CV bukan hanya memuat informasi tentang pengalaman kerja atau riwayat hidup, melainkan juga representasi diri Anda yang dikemas sebaik-baiknya.

Untuk memastikan bahwa resume / CV yang Anda kirimkan itu layak dan baik, tak ada salahnya mencari referensi contoh-contoh CV sebagai perbandingan. Dengan semakin banyaknya referensi, akan lebih memudahkan bagi Anda membuat resume milik Anda sendiri untuk diunggah di website lowongan kerja.

Info Lainnya...
1 dari 2

#4 Mengisi Info Pengalaman Kerja Secara Lengkap dan Detail

Aspek yang tak kalah penting dalam tips melamar kerja online adalah dengan mengisi informasi pengalaman kerja Anda secara lengkap dan mendetail. Ada sebagian pelamar kerja yang hanya mengisi nama perusahaan dan posisi pekerjaan di bagian pengalaman kerja. Akan tetapi, akan jauh lebih baik jika Anda menuliskan informasi pengalaman kerja tersebut lebih rinci.

Beberapa informasi tentang pengalaman kerja yang bisa dituliskan seperti gaji yang didapatkan di perusahaan sebelumnya, alamat perusahaan sebelumnya, data HRD di perusahaan tempat Anda bekerja yang sebelumnya, serta info-info lainnya. Dengan rincian informasi pengalaman kerja yang lebih lengkap, perusahaan akan semakin yakin tentang riwayat pekerjaan Anda sebelumnya dan menjadi dasar dalam menilai seorang kandidat.

#5 Menuliskan Surat Lamaran Kerja (Cover Letter)

Disamping menyertakan CV / Resume, tak kalah penting juga dalam tips melamar kerja online adalah menuliskan surat lamaran kerja (cover letter). Saat melamar kerja di situs lowongan kerja, biasanya ada opsi untuk menyertakan surat lamaran kerja. Opsi ini jangan disepelekan begitu saja.

Sebuah surat lamaran kerja membuat peluang Anda untuk dilihat oleh HRD perusahaan menjadi lebih besar. Mereka tentu ingin berkenalan lebih awal dengan kandidat yang telah melamar di posisi pekerjaan tertentu di perusahaan tersebut. Sederhananya, surat lamaran kerja ini adalah gerbang awal bagi perusahaan untuk mengenal kandidatnya.

Anda dapat menuliskan keunggulan, kejujuran, ketertarikan terhadap pekerjaan yang ditawarkan, dll di surat lamaran kerja tersebut. Tak lupa, tuliskan dengan lengkap alasan mengapa Anda tertarik dan layak untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

#6 Tidak Meng-copy Paste Surat Lamaran

Hal yang paling sering dilakukan oleh job seeker adalah meng-copy paste satu surat lamaran kerja untuk berbagai perusahaan / pekerjaan yang hendak dilamar. Ini akan membuat surat lamaran Anda menjadi tidak bernilai dan secara sepintas menggambarkan karakter diri Anda yang pemalas.

Surat lamaran kerja (cover letter) tersebut merupakan sarana bagi Anda untuk mempromosikan diri secara singkat. Hal ini tentu penting bagi perusahaan untuk mengenal lebih dahulu seperti apa kandidat yang nantinya hendak dipanggil untuk proses selanjutnya.

#7 Mengisi Semua Bagian Formulir Melamar Kerja Online (Opsional)

Untuk tips melamar kerja secara online berikutnya adalah tak mengabaikan bagian-bagian yang harus diisi dalam formulir online melamar kerja di situs lowongan kerja. Memang, ada beberapa bagian yang wajib diisi seperti CV, profil diri, pengalaman kerja, surat lamaran, dll. Ada juga beberapa bagian opsional yang juga sebaiknya diisi.

Semakin lengkap data diri Anda, maka perusahaan akan semakin mengenal diri Anda lebih baik. Ini akan meningkatkan peluang Anda untuk dipanggil dalam proses wawancara. (Baca Juga: Jangan Abaikan Tips Wawancara ini!)

#8 Memperbarui Profil Secara Rutin

Tips melamar kerja online yang kedelapan adalah selalu memperbarui profil diri Anda secara berkala. Ada kalanya, informasi tentang diri Anda perlu diperbarui seperti nomor handphone, CV / Resume, dll. Ini untuk mengantisipasi ketidakakuratan informasi yang Anda berikan sebelumnya dengan keadaan saat ini.

Bisa jadi Anda sudah mengganti alamat email atau nomor handphone sehingga saat perusahaan hendak menghubungi untuk proses lebih lanjut, Anda melewatkan kesempatan tersebut. Ini tentunya menurunkan peluang Anda diterima bekerja di perusahaan yang Anda lamar.

========

Kedelapan tips melamar kerja secara online tersebut perlu dipahami dan diterapkan langsung saat hendak melamar kerja. Semoga dengan tips-tips tersebut akan semakin memudahkan bagi Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Jangan melewatkan setiap kesempatan memperoleh pekerjaan secara online dengan memaksimalkan setiap tips yang telah disebutkan sebelumnya.

Loading...

Sumber www.glints.com
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email Anda untuk mendapatkan info lowongan kerja terbaru langsung ke inbox email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.

Website ini menggunakan cookies untuk pengalaman pengguna. Mengklik TERIMA berarti setuju kebijakan ini. TerimaBaca Detail